Cara Flashing/Install Ulang Samsung Galaxy Core GT-I8262

Ulfandroid on Cara Flashing/Install Ulang Samsung Galaxy Core GT-I8262 - Akhirnya saya ada waktu untuk berbagi tutorial kepada kalian kembali. saat ini tutorial yang akan saya berikan adalah cara flashing atau install ulang samsung galaxy core gt-i8262. ini saya buat tutorialnya karena ada salah satu pengunjung ulfandroid yang sudah request.

Sebelum kita masuk ke tahap instalasi, akan saya review sedikit tentang samsung galaxy core ini. galaxy core adalah ponsel low-end yang merupakan bagian dari ponsel galaxy. memiliki ukuran layar 4,3 inch dengan prosesor dual-core 1.2Ghz, 1GB RAM dan 8GB penyimpanan. pada bagian belakang terdapat kamera ukuran 5MP dengan LED flash. samsung galaxy core ini memiliki fitur seperti motion UI, smart stay, smart alert dan s voice.

Cara Flashing/Install Ulang Samsung Galaxy Core GT-I8262

Setelah saya sedikit melakukan review, selanjutnya kita akan melakukan install ulang samsung galaxy core ini. terlebih dahulu kalian harus menyiapkan beberapa komponen dan perangkat yang dibutuhkan selama proses flashing berlangsung.
1. Perangkat samsung galaxy core gt-i8262.

2. Firmware galaxy core gt-i8262, kalian unduh disini.

3. Odin 3.07, kalian unduh disini.

4. Samsung usb driver, kalian unduh disini (komponen ini hanya alternatif bagi perangkat yang tidak dapat terhubung ke komputer. apabila sudah terhubung, bisa kalian lewati komponen ini).

5. Kabel data dan komputer.

6. Simak, berusaha dan berdoa.

Apabila semua komponen dan peralatan diatas sudah kalian siapkan, berikut tutorial flashing galaxy core gt-i8262.
1. Ekstrak dan jalankan odin 3.07 yang sudah kalian unduh. ekstrak juga firmware galaxy core di komputer kalian.

2. Matikan perangkat android kalian, kemudian hidupkan kembali dengan menekan tombol "volume bawah + home + power". akan ada peringatan untuk masuk ke mode "download", kemudian kalian tekan tombol "volume atas".

3. Koneksikan perangkat kalian dalam keadaan mode "download" tersebut dengan menggunakan kabel data. jika perangkat sukses terhubung ke komputer, maka kalian akan melihat pemberitahuan "added" pada odin dan juga akan muncul port ID:COM dengan warna kuning atau biru.
NB : apabila belum terhubung, lepaskan perangkat dan sambungkan kembali sampai terhubung dengan sempurna.

4. Selanjutnya klik "PDA" dan pilih firmware "I8262XXAMG6_I8262OLBBMH2_I8262DXAMH1_HOME.tar.md5" yang sudah kalian ekstrak.

5. Jika semua sudah kalian lakukan, kemudian tekan "start". maka odin akan melakukan flashing pada perangkat kalian.
NB : jangan melepaskan perangkat selama proses flashing dilakukan, karena bisa membuat perangkat kalian menjadi brick/tampilan menjadi bata.

6. Setelah selesai, maka kalian akan melihat tulisan "pass" dengan warna hijau. secara otomatis perangkat kalian akan melakukan restart.

7. Selesai sudah proses flashing yang kalian lakukan. selamat perangkat kalian sukses di install ulang.

Bagaimana? mudah caranya bukan. saya yakin kalian pasti bisa melakukannya apabila mengikuti tutorial ini. sekian artikel hari ini tentang Cara Flashing/Install Ulang Samsung Galaxy Core GT-I8262. semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk kalian semua. terima kasih sudah berkunjung.

Cara Melewati Adf.ly


Blog, Updated at: 00:29:00

90 komentar:

  1. Ini firewarenya bahasa indonesia nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sopport bahasa indonesia ko kawan.. :D

      ane pilih yang bahasa indonesia dan upload lagi di hosting yang sesuai dengan orang indonesia... yaitu bahasa indonesia.. :D

      Delete
  2. fware nya di donlot smua ya ? kan ada 4 t..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kawan.. semuanya.. :D
      itu awalnya satu file... karena filenya gede dan tidak muat untuk upload di hosting, jadi saya pisahkan sekitar 200MB supaya bisa di upload di hosting... nnti kawan tinggal di gabungkan saja filenya...

      Delete
  3. cara menggabungkannya gimana ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. gabunginnya agan unduh semua partnya terlebih dahulu... kemudian agan taruh di satu folder semua part... lalu ekstrak mulai dari part 1 kawan... nanti part selanjutnya otomatis terekstrak..

      Delete
  4. Replies
    1. downloadnya pas masuk ke web adfly, agan tunggu kira2 5 detik... lihat di pojok kanan atas ada tombol skip... klik tombol tsb gan...

      kalau udah masuk ke web mirrorcreator, agan sort kebawah.. ada banyak hosting tersedia... pilih yang ada tulisan "succes"... klik download, maka agan akan dikasih link untuk tempat unduhnya... ikuti link tsb gan... :D

      Delete
  5. cara estrack ia gimana kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau udah di unduh semua partnya, ekstrak dari part1 kawan.. nanti part yang lain mengikuti terekstrak.. :D

      Delete
  6. gan hp ane gk bisa nyala ke data recovery jga gk bisa, tapi bisa klo pencet tombol power+volume bawah+home. cara yg di atas bisa ga gan buat hp ane.
    tlong pencerahannya gan. tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo Rival R. Reandy..

      untuk masuk ke mode recovery, biasanya hp samsung bisa2 aja gan pake cara tombol diatas..
      misalkan msih blm masuk, coba matikan android, kemudian nyalakan kembali dengan menekan ketiga tombol tersebut bersamaan.. nah kalau udah muncul logo versi samsungnya, lepas saja tombol power gan.. 2 tombol lagi biarkan di tahan.. otomatis akan masuk ke mode recovery.. :D

      Delete
    2. tetep gk bisa gan, soalny ane kmren slah pke cwm, mlah cwn grand duos yg di pke :`(
      tapi klo tmbol power volume bwah tmbol home bisa gan. itu kira2 cara nya gmn ya gan biar normal lg?

      Delete
    3. wah.. salah pasang cwm nya yak gan.. coba di pasang pake cwm untuk tipe agan.. biasanya caranya seperti melakukan flash.. cuman di isi dengan cwm galaxy core duos gan..

      Delete
    4. misalkan tombol power + home + volume bawah bisa, nah coba pake CWM khusus galaxy duos gan.. caranya bisa kan masuk ke download mode dulu seperti flashing diatas, kalau udah di odinnya agan input file recoverynya di "PDA"..

      nih gan untuk CWM khusus galaxy core duosnya.. link start... :D

      Delete
  7. tapi kan hp ane mati total gan? pling bisa jga ke download mode. trus itu link yg agan kasih nginstal nya gmn

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan.. coba di ganti recovery modenya bsa atau tidak.. download mode bisa kan gan... :D

      nah, link yang ane kasih agan masukin dengan menggunakan odin di komputer seperti flashing di atas.. filenya di input di kolom "PDA".. jika sudah di start deh.. coba agan baca cara flashingnya di atas.. itu kan pas input file di kolom "PDA" kan firmwarenya.. disini gan input file CWMnya.. itu doank ko gan.. :D

      Delete
  8. Replies
    1. sip gan.. semangat dan good luck.. :D

      Delete
    2. Kasus hp ane prsis sm ama rival renaldy gan, jd lgsg flash pke cwm apa ttp flash firmware dlu bru flash lg pke cwm?

      Delete
    3. Halo Mukhtar Athorid

      sebaiknya sih di coba wipe data dari cwm dl kawan, kalau sukses gk perlu repot download firmwarenya.. :D

      cuman kalau udah tetap sama, harus di flash firmwarenya gan..

      Delete
  9. Makasih berguna sekali . Bootloop akibat font

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Teguh Syahwana..

      Iya gan.. sama-sama.. :D

      Delete
  10. gan btuh bantuan ini dimasukin ke pad nya kok invalid ya..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Angga Yulius..

      masukin ke PDA invalid? sebelumnya udah agan ekstrak gan file winrarnya yang sudah di gabung itu gan? dy ada filenya dng format tar.md5.. :D

      Delete
  11. bagaimana itu klw format.x jadi tar.md5. ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ahmad Sukarji..

      iya gan.. formatnya memang harus tar.md5.. :D

      Delete
  12. Replies
    1. Halo Wanda D. Bachtiar..

      thanks gan.. :D

      Delete
  13. saya punya core duos klo di pencet power muncul logo samsung tapi cuman sebentar trus mati. tlong pencerahannya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Krasak Depoxs...

      coba agan lepas baterainya, pasang kembali lalu hidupkan dengan menekan dan menahan tombol volume atas + home + power sampai muncul logo versi samsungnya agan lepas tombol powernya aja gan.. maka akan masuk ke menu recovery..

      disana agan pilih wipe cache.. ekseskusi kalau udah di reboot.. lihat masih sama atau tidak gan..

      Delete
  14. sudah mas ttep ga bisa. ini mau saya coba flash ulang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di wipe data sama gan? itu kan wipe cache yak..

      misalkan sama, baru dh agan flashing gan.. :D

      Delete
  15. pemutakhiran android os nya kok lama yah gan...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Tata Suharta

      iya gan agak lama.. sekitar 5-10 menit paling lama..

      Delete
  16. extraxnya lewat pc atau hh gan?? KLo lewat pc caranya gmna gan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Irfan Umi

      kalau ekstraknya lewat komputer gan.. pake aplikasi hjsplit.. pertama di unduh dlu semua partnya.. masukan dalam satu folder... buka aplikasi hjsplitnya.. pilih join.. nah, pilih file yang nomor 1 gan.. nnti otomatis semuanya ke gabung jadi satu.. :D

      jika sudah jadi satu, tinggal di ekstrak menggunakan winrar.. :D

      Delete
  17. trimaksih informasinya work 100% skali lg trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Joshuari FX

      sip gan.. selamat kalau sudah berhasil.. jika artikel ini bermanfaat, bisa bantu share ke teman2 agan siapa tahu ada yang membutuhkan.. :D

      Delete
  18. kalau misal pas reboot, hapenya cuma muncul logo samsung tapi gk masuk ke main menu, apa itu artinya musti direinstall?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Rasdyspace

      iya kawan.. ya jalan terakhirnya sih di install ulang.. cuman coba di factory reset dl, biasanya sih fix di factory reset.. nah, kalau gk mau dan tetap error harus di flashing.. :D

      Delete
  19. ngestuck si Logo Samsung gan , gimana ni ? kalo si Factory Reset gimana caranya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Regga Riwanto

      untuk masuk ke mode recovery/factory reset.. agan matikan dahulu androidnya, hidupkan kembali dengan menahan tombol power + home + volume atas.. nnti misal androidnya bergetar, lepas tombol power saja.. seketika akan masuk ke mode factory reset.. :D

      Delete
  20. Gan ini kok gak nyala" ya gan. Tulisan samsungnya gak ilang". Kasih solusi ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Yudi Putranto

      udah di flash gan? coba masuk ke mode recovery, namun lepas dl baterainya.. pasang kembali.. hidupkan dengan menahan tombol volume atas + home + power.. kl sudah bergetar, lepas saja tombol power.. seketika akan masuk ke mode recovery

      didalam pilih wipe data dan juga wipe cache.. bersihkan semuanya lalu pilih opsi reboot.. setelah reboot seharusnya akan sukses masuk ke menu home..

      Delete
  21. yang dimaksud dengan ekstrak paan gan..mhon bntuan ny .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo zon gumala

      ekstrak itu mengeluarkan semua file inti yang ada dalam satu file bentuk zip.. nah file bentuk zip itu ibaratnya kotak.. nah di ekstrak atau dikeluarkan isinya itu gan

      Delete
  22. admin, saya flash hp pake costume rom s5 cuman bnyak bugnya contohnya bug camera,lock sceen sama tombol power...caranya gmna ya hilangin itu bug ?
    trus klo kembali ke costume rom awal suka ada tulisan kuning di layar home...minta solusinya dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya kalau custom rom pasti selalu ada bugnya gan.. kecil kemunkinan custom rom jauh dari bug.. untuk solusinya biasanya disediakan update dari penyedia custom rom tersebut gan.. dan itu biasanya juga buat nutupin bugnya dengan update tersebut.. :D

      Delete
  23. Mantab! sukses gan rulesnya, terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nice gan.. :D
      sama-sama.. terima kasih sudah mampir, semoga bisa bermanfaat.. :D

      Delete
  24. Mantap 10000000% artikel yg sangat bermanfaat makasih bro.

    ditunggu artikel2 yg bermanfaat lagi Sukses bro

    ReplyDelete
  25. gan samsung core 1 aku diroottpi aku gatau kalo samsung nya udh diroot , belum sempet diunroot aku reset setelan pabrik .. sering ada apk terhenti"adobe air , engriks dll terhenti"aku gatau kalo hape itu udh diroot , solusi nya dmna gan , tlong dibantu trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm.. jadi aplikasi semuanya terhenti ya..
      coba masuk ke mode recovery kemudian pilih wipe cache.. itu menghilangkan semua cache yang udah dilakukan reset setelan pabrik..

      caranya dalam keadaan mati perangkat hidupkan dengan menahan tombol volume atas + home + power.. disana ada opsi wipe cache.. :D

      Delete
  26. trus gmn lagi gan ? nunggu brpa lama gan ? ini msh gambar android

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl udah selesai di wipe cache, reboot aja.. nanti perangkat akan hidup kembali seperti semua.. perhatikan apakah masih ada errornya..

      saya sendiri sih pengguna asus, di bagian settings => apps bisa di clear cache dengan mudah.. sedangkan samsung tidak ada.. makanya lewat wipe cache dicoba dahulu..

      Delete
  27. tetep ngga bisa mas :( udh aku factory reset berkali2 , wipe cache ampe pegel stlh reboot begtu lagi mas ,, adobe air terhenti , engriks , engrils , alrm cntrlr , pdhal aku sendiri gatau apk tsb dtg drmn -_- dan gapernah download .. solusi dong mas udh mentok ngotak ngatik2nya masa hrus ke samsung center :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin itu dari aplikasi yang gak jelas masuk membuat system OS nya ada yang corupt jadi error aplikasinya..

      mana saya perbaikin, btw tinggal di daerah mana? kl dekat bisa dibantu

      Delete
  28. Jangan2 itu kena ic emmc nya mas seolah kesannya reset dan flash masuk dan mulus serta lancar, tp gak ke safe pada hh nya

    ReplyDelete
  29. Kalo salah harap maklum gan cm ikut brpartisipasi aja heehee

    ReplyDelete
  30. gan pas setengah lagi kabelnya kecabut gasengaja terus ane mulai star ulang gan? GImana Ada Efeck Negative Nya Ga Yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. katanya sih banyak yang bilang ada efeknya.. cuman kalau lagi lucky sih gpp gan.. cuman merekomendasikan jangan dilepas saat proses berlangsung.. :D

      Delete
  31. berapa lama proses install via odin,y gan..? ko punya ane mentok di oemsbl gan..???

    ReplyDelete
    Replies
    1. gk ko gan.. sebentar.. udah di coba run admin si odin?

      Delete
  32. Gan punya ane di hard reset sama flash ulang ga bsa juga gmna

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl masih sama dari IC EMMC nya gan gk mau nyimpen hasil flashingnya.. jadiya masih bootloop..

      coba pas udah di flashing coba langsung di hard reset.. jangan sampe langsung masuk ke home ponsel.. biasanya akan bootloop..

      Delete
  33. Gan, firmware-nya udah di delete ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahkan semua file di link ngga bisa diakses.
      Tulisannya, "Sorry, but that link has been deleted".

      Delete
    2. wah gk tau ane gan.. ane cek dl dah.. nnti kl bner iya ane buatkan link barunya.. terima kasih infonya

      Delete
    3. masih lengkap gan.. ane cek yang zippy lancar semua gk ada masalah.. memang dari host mana? dl via zippy full speed gan.. :D

      Delete
  34. gan proses instal di bagian system di tulis failed gan ?
    gmn crnya mengtsi itu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. System yang mana tuh gan? di odin atau dimananya? errornya apa tuh?

      Delete
  35. Gan HP Samsung ane eng bisa nyala terus klo dipencet home sama yg yg lain nyala nya cma lampu kamera flash doang itu kenapa ya ?6

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang gk bsa nyala gan? mati total gmn tuh? trus pencet homenya sama power apa gmn ya?

      Delete
  36. gan hh ane matot kalo di tekan power cuma bergetar doang masuk recovery and download mode juga gk bisa ,kenapa tuh ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan dari hardwarenya itu gan.. soalnya hanya bergetar saja..

      sory gan baru bisa di bales pesannya ane baru balik dari kampung..

      Delete
  37. Gan klo upgrade samsubg core gt-i8262 ke kitkat gmn gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. upgradenya sih via OTA atau bisa manual dengan cara flashing.. cuman lebih baik sh lewat OTA aja gan updatenya.. cuman terlebih dahulu perangkat jangan dalam keadaan root karena bisa terjadi bootloop.

      Delete
  38. Replies
    1. iya mbak.. memang semua file firmware tuh kisaran 500+MB

      Delete
  39. gan,kenapa saat proses flash di akhir ada tulisan reset kemudian removed dan hh nyala sendiri,padahal proses flash belum sampe muncul tulisan PASS??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelum itu ada tulsan errornya gak gan? ada penyebab errornya gan biasanya kalau tiba2 reset tanpa muncul tulisan PASS.. kl PASS muncul lalu reset otomatis wajar itu gan.. :D

      Delete
    2. tidak ada gan,tulisan RESET muncul dan hh nyala sendiri setelah di cabut HH di lepas dari PC odin baru muncul tulisan PASS..

      Delete
    3. brrti udah berhasil gan proses flashingnya kl memang muncul PASS gan.. oy, itu di centang ya auto rebootnya?

      trus sekarang bagaimana gan? masih sama? di wipe data dan wipe cache dl gan kl udah di flash misalnya masih sama..

      Delete

Apabila kalian memiliki pertanyaan atau ingin lapor masalah link error, bisa langsung melakukan komentar serta dimohon untuk dapat menggunakan bahasa yang sopan, tidak melakukan spam, tidak menaruh link aktif, dll.. terima kasih..